Jumat, 17 Oktober 2014

TUGAS 2 Arsitektur Komputer dan Struktur Kognitif Manusia

Reswari Adaninggar
 4 PA 05 / 16511011
TUGAS 2

Arsitektur Komputer dan Struktur Kognitif Manusia

Pengertian Arsitektur Komputer
Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana blueprint dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing-masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll.
Arsitektur dari komputer sendiri merupakan suatu susunan atau rancangan dari komputer tersebut sehingga membentuk satu kesatuan yang dinamakan komputer. Komputer sendiri berevolusi dengan cepat mulai dari generasi pertama hingga sekarang. Evolusi sendiri didasarkan pada fungsi atau kegunaannya dalam kehidupan. Evolusi pada komputer sendiri ada karena keinginan atau hal yang dibutuhkan manusia itu sendiri. Sekarang ini komputer sudah dapat melakukan perintah yang sulit sekalipun tidak seperti dulu yang hanya bisa melakukan yang sederhana saja. Itulah yang dinamakan evolusi arsitektur yaitu perubahan bentuk juga fungsi dan kemampuannya.
Sebuah perencanaan sistem melalui tahap sebagai berikut :
1.                  Tingkat 1 : Ide, menyadari akan suatu hal dan menginginkan perubahan
2.                  Tingkat 2 : Design, merancang apa yang dipikirkan
3.                  Tingkat 3 : Pelaksanaan, menuangkan rancangan ke dalam suatu sistem
4.                  Tingkat 4 : Kontrol, memeriksa apalah sistem yang dibuat dapat dijalankan 
5.                  Tingkat 5 : Evaluasi, memeriksa kembali sistem yang telah berjalan
6.                   Tingkat 6 : Tindak lanjut, menindak lanjuti apa yang telah dievaluasi.
Menurut hasil analisa saya arsitektur komputer yaitu, suatu susunan dan perencanaan sistem yang membentuk kesatuan yang dinamakan komputer. Komputer mengalami evolusi yang terus berkembang hingga komputer menjadi secanggih sekarang, dimana dapat melakukan perintah sesulit apapun.


Pengertian struktur kognitif manusia
Struktur kognitif terbentuk dari informasi lingkungan sebagai suatu stimulus dari lingkungan yang selalu berubah, maka struktur kognitif atau pengetahuan pun akan terus berkembang. Keadaan struktur kognitif yang berkembang inilah yang mungkin menjadi prasyarat bagi seseorang yang untuk mengasimilasi dan mengakomodasi pengetahuan atau informasi lain dari lingkungan sehingga struktur kognitif ini dapat memiliki kemampuan untuk berkembang.
Beberapa aspek yang mempengaruhi struktur kognitif, antara lain :
a. Berdasarkan perkembangan individu dan kedewasaan
b. Sifat belajar yang lebih bermakna dari pengalaman yang terintegrasi
c. Ketepatan dalam mentraspormasi informasi stimulus dan pengalaman melalui fungsi kognisinya

Selain itu, struktur kognitif manusia merupakan bagian atau komponen yang terstruktur dalam otak manusia yang memberi pengetahuan berdasarkan sistem, skema, adaptasi, asimilasi dan akomodasi yang membentuk suatu kematangan dan pengalaman otak dalam menjalankan kehidupan sosial bagi seorang manusia, mempunyai struktur yang sangat kompleks.
Sehingga, menurut analisa saya, struktur kognitif manusia dan arsitektur komputer memiliki keterkaitan, karena dengan proses berfikir dan otak berkemampuan tinggi yang dimiliki, manusia mampu merangkai benda, membuat program, membuat pola yang bermakna sehingga terciptalah komputer, yang selanjutnya menjadi keuntungan bagi manusia itu sendiri.

Referensi :
Bahan ajar power point "psikologi kognitif sains" dari Ibu Quroyzhin Kartika Rini, S.Psi, M.Psi
H.S, D. Suryadi. (1994). Pengantar Arsitektur Komputer. Depok: Gunadarma


Solso, R., Maclin, O.H., Maclin, M.K. (2007). Psikologi Kognitif edisi kedelapan. Jakarta: Erlangga


Tidak ada komentar:

Posting Komentar