Sabtu, 06 Oktober 2012

Tugas Psikologi dan Teknologi Internet Minggu kedua



Reswari Adaninggar
2 PA 05 / 16511011
Tugas Psikologi dan Teknologi Internet Minggu kedua
1.    Mengapa Manusia Membutuhkan atau Tidak Membutuhkan Internet

Jika muncul pertanyaan, apakah manusia membutuhkan atau tidak membutuhkan internet ? Jawabannya mungkin ada sebagian yang berkata tidak butuh, dengan alasan mungkin saja internet tidak terlalu penting atau tidak dapat terjangkau di daerahnya, atau mungkin ada pula yang menjawab, internet dapat membawa dampak negatif untuk kehidupan manusia. Tetapi hal itu hanya pernyataan dari sebagian orang saja. Karena pada kenyataannya, lebih banyak manusia yang membutuhkan internet.

 
 
Kita ambil contoh sederhananya dulu. Sebelum kemunculan internet, sudah pasti kemunculan komputer lebih dulu. Lalu apakah orang jaman dulu membutuhkan komputer atau tidak membutuhkan komputer ? Jawabannya lebih banyak menjawab, tidak membutuhkan komputer, karena sebelum kemunculan komputer, ada alat pengetik yang biasa kita sebut mesin tik. Orang lebih nyaman menggunakan mesin tik ketimbang komputer yang dianggap mempunyai sistem yang sangat ruwet.
Tetapi lama-kelamaan orang sadar bahwa komputer lebih dibutuhkan. Karena komputer saja mempunyai kegunaan yang sangat bmembantu kehidupan sehari-hari kita, seperti memindahkan data, menyimpan data, dan membuat data.
Sama halnya dengan internet, internet lebih dari sekedar jaringan komputer. Internet sendiri seperti perwakilan perwujudan manusia yang membutuhkan dunia sosial dan mampu berkomunikasi secara bebas. Internet digunakan di Amerika hampir oleh setiap masyarakatnya, mereka seperti bergantung sekali dengan internet. Dan saat ini Indonesia pun demikian.
Contohnya saja sekarang, kita dapat dengan mudahya terhubung ke orang-orang yang sangat jauh dari jangkauan kita. Kita juga dapat menambah teman baru, download video & musik, sebagai fasilitas mentransfer uang, bahkan ada juga yang menggunakan internet sebagai fasilitas untuk menyimpan dokumen digital seperti file-file penting, seperti foto, video, menambah pengetahuan, memperluas wawasan bertukar informasi, melihat dunia luar, berkirim dan menerima pesan dengan mudah saat kita berada dimanapun dan kapanpun lewat email.
Berikut penuturan menurut beberapa tokoh :
Menurut Lani Sidharta (1996) : walaupun secara fisik Internet adalah interkoneksi antar jaringan komputer namun secara umum Internet harus dipandang sebagai sumber daya informasi. Isi Internet adalah informasi, dapat dibayangkan sebagai suatu database atau perpustakaan multimedia yang sangat besar dan lengkap. Bahkan Internet dipandang sebagai dunia dalam bentuk lain (maya) karena hampir seluruh aspek kehidupan di dunia nyata ada di Internet seperti bisnis, hiburan, olah raga, politik dan lain sebagainya.
Drew Heywood (1996) menerangkan : sejarah Internet bermula pada akhir dekade 60-an saat United States Department of Defense (DoD) memerlukan standar baru untuk komunikasi Internetworking. Yaitu standar yang mampu menghubungkan segala jenis komputer di DoD dengan komputer milik kontraktor militer, organisasi penelitian dan ilmiah di universitas. Jaringan ini harus kuat, aman dan tahan kerusakan sehingga mampu beroperasi didalam kondisi minimum akibat bencana atau perang.

Bill Gates dan Paul Allen adalah dua tokoh yang berpengaruh di dunia internet. Gates selalu mempunyai pemikiran-pemikiran besar untuk kemajuan internet dan microsoft dari waktu ke waktu. Dalam presentasinya berjudul "Digital Decade", pada pembukaan pameran komputer Comdex di Las Vegas, Bill Gates mengatakan bahwa broadband-Internet, tablet PC, koneksi wireless dan perbaikan keamanan merupakan tema yang penting di masa depan.
"Dunia PC hampir melewati masa permulaan. Sekarang, yang menjadi fokus adalah penggunanya,“
ujar Bill Gates.

 
 

2. Dampak Positif dan Negatif Internet
Seperti kita ketahui bahwa saat ini internet menjadi salah satu kebutuhan penting di kehidupan kita.
Perkembangan zaman yang kini sangat canggih, menuntut manusianya menjadi manusia hi-tech pula. Belum lagi saat ini kecanggihan internet tidak hanya dapat diakses lewat komputer, tetapi juga bisa lewat ponsel dan tablet.
Yang membuat orang-orang tergiur adalah, makin banyaknya jejaring-jejaring sosial yang oke, untuk mendapatkan banyak teman, baik dari negara sendiri maupun belahan dunia lainnya.
Begitu banyak hal-hal positif yang dapat kita peroleh dari internet. Contohnya dalam membantu berkomunikasi, sebagai media pertukaran data dari satu orang ke orang lain atau satu instansi ke instansi lain, membantu dalam dunia pendidikan, dapat berkirim dan saling menerima pesan lewat e-mail, chatting, teleconference antar negara, dapat melihat digital library, menggunakan e-banking, e-learning, e-commerce, e-book, layanan online, mengunduh situs web dengan mudah, berjualan online, bertemu teman baru, mencari informasi, menambah wawasan, menambah pengetahuan, memudahkan kita mengetahui dunia luar, interaksi dengan orang-orang di segala belahan dunia.
v
Akan tetapi ada pula dampak negatif dari itu semua, seperti  melihat-lihat konten yang berbau pornografi, makin berkurangnya rasa budaya lokal akibat masuk dengan gampangnya budaya luar lewat internet, terlalu banyak info sehingga tidak tau mana yang benar dan mana yang salah, penipuan yang biasanya berasal dari jual beli online, dan yang selalu kita temui, yaitu membuat orang menjadi anti sosial dan kecanduan akan internet ada pula nge-hack dan nge-crack.
·  Nge-hack : Usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengeksplorasi atau mencari kelemahan system jaringan.
·  Nge-crack : Usaha memasuki secara illegal sebuah jaringan dengan maksud mencuri, mengubah atau menghancurkan file yang di simpan pada jaringan tersebut.

Sumber :
1.      Sidharta, Lani. 1996. Internet Informasi Bebas Hambatan. Jakarta : Elex Komputindo.
2.      _____, Internet. LePKom Universitas Gunadarma. 1996.
3.      Badget, Tom. 1993. Welcome to Internet : From Mystery to Mastery. New York : MIS Press.
4.      Hidayat, Rudi. 2004. Teknologi Informasi Komunikasi. Jakarta : Erlangga.
10.  http://agunghidayatulloh.blogspot.com/2010/11/pengertian-internet-dan-manfaatnya.html
19.  http://amin-x.blogspot.com/2012/08/manfaat-internet-dan-dampaknya-lengkap.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar